Aku dan separuh agamaku

Aku dan separuh agamaku

Jumat, 15 November 2019

KEJADIAN PALING NYESEK DITAHUN 2018

Ohalo ges, lagi semangat nulis ni hahaha. Dari tulisan jangan nikah sama orang Turki, saya langsung lanjut ke tulisan ini. Rada melow sedikit sih, karena rasanya si hati masih ada luka-luka bernanah gitu : ‘)
Jadi kayak mikir, idup gak punya uang tuh serba susah. Mau apa-apa susah, bahkan mau nerusin sekolah juga susah. Gini ceritanya ges, saya sama suami kan emang ada goal lain gitu. Kita berdua kepengen bisa go abroad, hidup di Negara lain selain Turki dan Indonesia. Negara tujuan kita adalah US, Kanada, dan Negara-negara Eropa. Sejak tahun 2017 kita berdua (sebenernya suami doang sih wkwkwkwk) aktif buat daftar-daftar ke tiap universitas di luar negri. Suami ngambil jurusan Asian Studies dan interpreting and translating gitu (beda-beda kampus). Oya, sebenernya suami masih mahasiswa S2 di ODTU. Doi ambil s2 Asian studies disana, tapi doi mutusin buat cuti karena kita ada sesuatu yang mesti kita dilakukan di Indonesia. kalau balik ke Turki ya doi masih bisa sih nerusin kuliahnya yang belum rampung. Cuma ya kalau doi keterima kuliah di Negara lain, yang di ODTU mau dilepas.  
Alkisah, kita udah hampir hopeless gitu pas daftar kesana kemari. Lamaran ke Kanada semuanya ditolak. Terus akhirnya kita pindah haluan buat daftar ke Jerman. Ada banyak pertimbangan kenapa kita pilih Jerman, salah satunya yak karena pendidikan di Jerman gratis buat semua orang termasuk WNA. Cumaaaa, biaya hidupnya tinggi disana.
Ada beberapa kampus yang jadi target suami. Kali ini suami ambilnya seragam, jurusan Asian studies. Rada lama nunggu pengumumannya.. Sampai pada suatu pagi, saya cek email di HP suami...
Ada email dari Hamburg Universiti, dan ALHAMDULILLAH suami lolos S2 disana. Langsung dong saya teriak dan bangunin suami. Cuma dia kayak yang kurang semangat, kayak ya seneng sih tapi rada ada yang dipikirin gitu. 
Tapi kita berdua tetep ngurus dokumen sana sini ya buat pelengkap keberangkatan suami ke Jerman. Suami sempet ngontak omnya buat jadi sponsornya di Jerman, doi daftar mandiri gak pake beasiswa. Beasiswa buat orang Turki itu gak banyak. Jadi ya mau gak mau kita daftar mandiri dan minta bantuan orang lain. Cumaaa, omnya waktu itu mudik ke Turki, jadi ngurus surat sponsornya rada gak maksimal. Saya udah khawatir sih, tapi masih optimis suami bisa berangkat ke Jerman walaupun waktunya mepet banget. Cara kedua ya kita harus ada uang deposit yang disimpen di BANK JERMAN sebesar 8000 euro, diendapkan selama satu tahun. Yang ini kita gasanggup, uang dari mana cobak ???
Semua dokumen penunjang bener-bener udah lengkap, sampe legalisir ijazah juga. Bahkan dokumen transkrip nilai dari univ lama udah dikirim semua ke Jerman. Suami dapet email dari kampus, bahwa dia resmi jadi mahasiswa di Hamburg Uni. Saya bahagia banget waktu itu, bangga banget sama suami. Akhirnya perjalanan daftar dari 2017 berbuah juga...
Tapi masalah gak berhenti sampe situ. Kita masih nunggu keputusan surat sponsor dari omnya suami. Sebenernya kepengurusan surat sponsor itu gak terlalu lama. Eh beda-beda gitu tiap kota, di Ausburg tempatnya temen saya, ngurus surat sponsor Cuma butuh waktu satu hari. Nah kebetulan (emang lagi apes aja kita) ngurus surat sponsor di Koln (kota omnya Mustafa) katanya butuh waktu sekitar 2 minggu. Kelamaan banget, dan belum tentu diterima. Saya sih yakin kalau soal diterima, kerjaan om Mustafa juga bagus, doi lawyer di Jerman..mampulah ya buat jadi sponsor.  
Kita nunggu, nunggu dan nunggu..
Sempet masih ada harapan kalau suami paling telat masuk kelas selama 2 mingguan karena masalah visa. Tapi pada akhirnya, kita telat untuk pergi ke Jerman :“) nyesek sekali, surat sponsor itu tidak ada kabarnya, dan visa gak bisa diproses..walaupun semua dokumen sudah lengkap kap kap...
Jadi mikir, idup gak punya uang itu emang nyakitin banget, kayak gimana ya… Mau apa-apa susah...
Ngandelin harapan sama orang lain, nyatanya bisa bikin kecewa kayak gini. Bener-bener gak bisa gantungin harapan ke orang lain. Ini bener-bener kejadian paling nyesek di tahun 2018 kemarin, sedeket itu loh ke Jerman dan kita gak bisa pergi...
Yak mentemen, ini bagian dari perjalanan nemenin suami dari nol sih :) sekarang kita emang gak punya apa-apa secara materi. Kerjaan juga masih belum bagus. Tapi saya yakin, suami saya bisa sukses dimasa depan. Dia bisa jadi orang yang banyak uang wkwkwkw,  karirnya di pekerjaan dan pendidikan secerah itu..InshaAllah...
Dan pergi keluar Turki dan Indonesia tetep jadi goal kita. Kita yakin bisa pergi dan tinggal disana suatu hari nanti. Buat kalian pejuang dari nol. Kita sama-sama ya..sama-sama untuk selalu berusaha bangkit dari keterpurukan finansial wkwkk. Jangan berhenti berjuang, isnhaAllah masa depan kita cerah hehehe.
Ya gitu aja sih, bener-bener iseng ngeluarin uneg-uneg aja nih saya. Makasih loh buat yang gabut bacain tulisan penuh keluh kesah ini..
Doain ya :)
Iyi gunler.
Mrs. Kursun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar