Aku dan separuh agamaku

Aku dan separuh agamaku

Jumat, 15 November 2019

FRIEND?

Tulisan di blog kali ini sedikit dibumbui curhatan berisi kebaperan saya, hehehe.
Tulisan ini sudah terbit di mylongdistancestory.tumblr.com pada tanggal 9 Juli 2019


image
Pict source: Google
Ada satu kejadian kemarin yang bikin saya sedikit baper, disaat saya sedang susah payah membangun kepercayaan dari orang-orang sekitar saya yang menamai dirinya “teman”.
Seiring bertambahnya usia kita, maka circle pertemanan kita semakin sempit. Ini quotes super dari teman segeng saya yang langsung dapet curhatan luar dalam dari saya pasca terhempasnya saya dari mereka yang menamai dirinya teman hehehe.
Saya tipe orang yang sangat menjungjung tinggi pertemanan. Posisi teman untuk saya cukup penting. “Teman-teman” adalah yang pertamakali coba saya kenalkan kepada Mustafa ketika dia berniat menikahi saya. Saya ingin suami saya juga ikut dekat dengan teman-teman saya seperti saya dekat dengan mereka.
Saya tidak punya banyak masalah dengan teman-teman masa sekolah saya. Kita temenan udah hampir 15 tahun, jadi mungkin karena itulah sikap pemakluman saya terhadap mereka cukup besar. Jadi, sekesel-keselnya saya sama salah satu diantara teman-teman lama saya ya pada akhirnya akan berujung baik lagi.
Circle pertemanan saya mulai sedikit bermasalah ketika lingkungan pergaulan saya meluas. Sejak menikah dengan suami saya, saya mendapatkan lingkungan pertemanan baru. Yup! Lingkungan pertemanan antara orang Indonesia yang menikah dengan orang Turki.
Ketika saya belum menikah, saya mulai mengontak beberapa orang Indonesia yang sudah menikah dengan lelaki Turki sebelum saya. Selain untuk tujuan mendapatkan informasi pernikahan, saya juga ya pengen temenan sama mereka. Sadar kalau nanti bakal jadi perantau di negri sebrang ya saya juga mulai cari teman-teman “senasib sepenanggungan”.
Pasangan-pasangan Indonesia-Turki pertama yang saya kontak masih berhungan baik dengan saya sampai saat ini. Saya sendiri menjaga hubungan kami dengan sering berinteraksi dengan mereka, baik secara nyata maupun melalui dunia maya. Saya dekat dengan mereka sampai sekarang bukan karena mereka pernah membantu saya ketika saya kesulitan mencari informasi pernikahan Indonesia-Turki, tetapi karena memang mereka semua memiliki kepribadian yang baik dan “nyambung” sama saya. Padahal, secara usia ya  mereka jauh lebih tua daripada saya.
Lama kelamaan, posisi saya sebagai “pengantin baru” mulai bergeser menjadi pengantin lama hehehe. Saya mulai dapat pertanyaan dan curhatan orang-orang yang ‘pacaran’ dengan orang Turki. Ternyata begini ya rasanya ditanya dan dicurhatin orang hhehehe. Banyak orang yang ngontak saya baik cuma nanya soal perdokuman menikah, kepo dan katanya emang kepengen ‘temenan’ sama saya. Saya orangnya welcome, saya coba ramah jawab pertanyaan orang-orang yang bertanya perihal perdokumenan pernikahan. Bahkan terkadang kami terjebak di fase ‘kemanusiaan’ kalau ternyata ada beberapa diantara mereka yang meminta bantuan kita lebih dari sekedar curhat. Oh ya, yang curhat dan minta tolong itu bukan Cuma perempuan Indonesia ke saya ya, tapi cowo Turkinya juga banyak banget yang ngontak suami saya buat nanya-nanya.  
Beberapa pasangan ada yang curhat kalau mereka butuh bantuan kedatangan suami saya ke pernikahannya karena keluarga si lelaki tidak bisa datang ke Indonesia (karena kebetulan sekarang kita sedang berada di Indonesia). Sumpah, saya suka gak tega kalau denger kisah begini. Saya inget gimana sakitnya saya dan suami ditolak orang karena minta tolong buat jadi wali di akad nikah kami. kami masih inget sakitnya gimana. Kalau lokasinya terjangkau, saya dan suami akan menyempatkan hadir tanpa biaya sepeserpun. Kalau kami berdua punya uang dan tidak sibuk, inshaAllah kami sempatkan datang. Tapi kalau kebetulan jauh, lagi sibuk dan kami juga lagi gak punya uang buat kesana, kami juga menolak.
Cuma, kadang diantara mereka menghilang setelah menikah. Entah mungkin sibuk atau ya emang sibuk hehehe. Bahkan untuk say “hi“ aja gak ada. Kami sering denger curhatan serupa dari mantan wali suami saya, ternyata beliau juga diperlakukan sama hahaha. Saya tidak menyangka kalau hal serupa dialami oleh kami hehehe.
Istilah kasarnya, kami “dihempas“ setelah mereka mencapai apa yang mereka inginkan. Setelah tujuan pernikahan mereka selesai. Seringkali kami ditinggalkan beberapa teman yang dulu rajin banget ngontak kami sebelum mereka menikah. Berbaik-baik ria, bermanis-manis ria, bermesra-mesra ria. Mendadak hal tersebut hilang setelah mereka menikah. Guys, dihempas begini rasanya sakit loh, serius. Padahal saya udah berkali-kali ngalamin ini, tapi kalau misalnya hari ini aja saya dihempas lagi karena hal serupa, saya masih bisa ngerasain sakit dan baper.
Saya sering baca curhatan beberapa gelin Indonesia yang lebih dahulu menikah setelah saya perihal kasus yang sama. Mereka juga baper loh kadang, segitu mereka lebih lama nikah dari saya yang notabene lebih banyak dapet pengalaman terbuang daripada saya. Sampe kepikiran, kok orang-orang bisa ya ngelakuin hal begitu? Ini semacam friend with benefitkah? Kamu berteman hanya karena ingin mendapatkan manfaat dari orang yang kamu temani.
Saya manusia, perasaan saya sensitif. Saya bisa ngerasain loh orang-orang yang mendadak ngejauhin saya. Apalagi orang tersebut saya rasa pernah sangat amat dekat dengan saya.  Yang tadinya suka whats app dan DM Instagram sebelum menikah, mendadak udah gak pernah lagi ngelakuin hal-hal itu ke saya. Ya mungkin prioritasnya udah beda kali ya, udah apa-apa ke pasangan sekarangmah. Saya jadi sadar “lagian siapa gue dah?“.
Pada akhirnya ini balik lagi ke “saya memang bukan siapa-siapa“. Saya harus sadar diri kalau mereka mendadak menghilang setelah menikah, karena ya memang saya siapa?. Sumpah baper loh guys, lagi baper maksimal. Bener-bener lagi krisis kepercayaan ke orang-orang sekitar. Kemarin, saya lagi ngerasa ada gelin baru yang dulu deket sama saya lalu kemudian dia perlahan ngejauh setelah menikah, tepat dihari yang sama saya juga ngerasa dibuang sama temen yang dulu ngakunya temen ahahhaa. Cuma yang dateng pas galau dan gak ngabarin ketika bahagia, busetdah sesakit ini. Umur saya udah banyak ternyata, masalah saya udah gajauh dari krisis pertemanan wkwkwkw. Saya terlalu baper sama temen yang saya kenal dari medsos, saya ngerasa mereka kayak tulus temenan sama saya. Tapi ternyata ya namanya temenan dunia maya ya pertemanannya kebanyakan maya juga kali ya wkwkwkw.
Pada akhirnya circle pertemanan saya semakin sempit. Saya bener-bener terharu sama temen-temen yang masih disamping saya dalam keadaan baik dan buruk saya. Mereka yang masih ada sampe sekarang, mereka yang tulus temenan sama saya bukan karena gaenak saya pernah baik sama mereka. Peluk virtual semuanya satu persatu ya ! saya sayang kalian semua !.
Saya juga belajar kalau temenan sama orang gak harus liat tampilannya. Ada temen saya yang secara tampilan sih garang. Kalau ngomong  kadang kasar, badannya bertato tapi orangnya tulus temenan sama saya. Lebih tulus dibanding yang awalnya manis dan ngomong sopan sama saya.
Kejadian kemarin kayaknya bakal ngebentuk kepribadian baru saya dimasa yang akan datang. Saya akan mulai membatasi membalas curhatan temen-temen yang curhat soal cowo Turkinya. Kalau permasalahannya personal, saya coba buat gak mau kasih masukan apapun, kecuali soal perdokumenan. Sekarang saya mau coba sedikit professional aja kalau yang datang dari kalangan orang Indonesia yang pacaran sama orang Turki. Saya gak mau masuk terlalu dalem ke pertemanan semu, karena jujur saya orangnya perasa. Kalau ngerasa udah temenan ya bakal sakit  kalau mendadak dilupakan dan dihempas. Jadi sekarang kita mulai professional ya. Karena, kasus pertemanan semu ini ya kebanyakan datang dari dunia Indo-Turki wkwkwkkw.
Saya juga suka sedih loh kalau liat suami saya mendadak dilupain sama damat Turki setelah mereka menikah sama orang Indonesia. padahal dulu kayaknya sering curhat sama suami saya. Bahkan ada beberapa diantara mereka yang awalnya Cuma kenal suami saya dan setelah kenal banyak orang jadi lupa sama suami saya.
Gabaik loh deket sama orang begitu, nyakitin loh. Semoga kalian gak ngerasain apa yang saya dan suami rasain ya. Cukup kita aja, soalnya sakit coy.

Udah ya bapernya wkwkkw.

Regards.
Mrs. Kursun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar