Aku dan separuh agamaku

Aku dan separuh agamaku

Jumat, 15 November 2019

BAGI SIAPAPUN YANG SEDANG MENEMANI SUAMI DARI NOL, MARI BERPEGANGAN TANGAN

(Tulisan ini sudah terbit di mylongdistancestory.tumblr.com pada tanggal 15 Juni 2019)

Mulailah dengan salam :D
(kemarin eykeu dikomen di vlog sama netizen, “Mbak, mas kenapa gak pake Assalamualaykum?“)
Assalamualaykum gess, apa kabar? Sambutan klasik, seklasik orangnya *tsaaah :D
Akhirnya bisa update blog lagi setelah sekian abad. Sebenernya ini jadwal saya nerusin tulisan tentang “ JANGAN NIKAH SAMA ORANG TURKI“, tapi hamba lagi kepengen nulis soal “Perjuangan menemani suami dari nol“ (Sepik beud berjuang, kayak tau ae“makna perjuangan“ kayak apa hey anda wkwkwkw).
Alhamdulillah, kami berdua sedang “menikmati“ suasana baru di kota baru, yup..untuk 6 bulan kedepan kami berdua akan jadi orang Jekardah which is horang Jaksel :p. Alhamdulillah Mustafa dapet kerja disalah satu kantor software (apalah apalah, pokoknya di bidang web/ program developer gitu. Hamba tak faham dunia per-coding-an :D) di kawasan Kuningan Jaksel. Sayup-sayup kedengeran orang ngaji surat Ar-Rahman di masjid deket kosan kita bersamaan dengan ditulisnya blog ini :).
“Fabiayyi alla irrobikuma tukadziban?“
Maka, nikmat Tuhanmu manalagikah yang kau dustakan?. Ayat ini adalah ayat favorite saya, bahkan sempet mau saya jadiin mahar pernikahan waktu itu. Cuma berat di Mustafa nanti, ayat Allah itu luar biasa berat buat dijadiin mahar. Sekedar masukan buat kalian yang mau nikah, lebih baik minta mahar dalam bentuk materi ya. Selain lebih mudah dicari, materi juga bisa dipake dalam keadaan genting muehehehe.
Ngelamun, dan tiba-tiba mikir “begitu baiknya Allah sama saya, ngasih suami yang mau berjuang dari nol demi kehidupan yang lebih baik..“. salah satu tantangan menikah muda adalah ini, harus siap dengan kehidupan serba pas-pasan dulu. Gak semua orang bisa hidup makmur gemah ripah loh jinawi di usia muda. Kebanyakan pasangan muda harus melewati fase “sobad missqueen dulu“.
Kami memutuskan menikah muda, dikala saya masih berusia 21 tahun mau ke 22 dan Mustafa sudah masuk 23 tahun. Usia yang sangat muda (katanya) untuk lelaki Turki. Dari dulu emang cita-cita saya itu ya nikah muda hehehe. Motivasinya apa ya? Ya kepengen ja gitu, kepengen nemenin suami dari nol *eaaa. Kayak lebih ‘ngena‘ aja gitu nemenin suami dari nol, terus sukses sama-sama.
Awal nikah sih gak kerasa ‘susah‘-nya. Secara kita masih dapet sokongan bantuan dari mertua (babanya Mustafa). Waktu itu baba juga masih kerja, masih dapet gaji dan tunjangan ini itu tiap bulan. Kalau masuk akhir bulan, kita biasanya ngandelin kartu kredit. Oya, Mustafa suka telat dapet gaji. Kadang sebulan-dua bulan gajinya gak masuk. Jadi mau gak mau kita harus “back to baba“ untuk mencukupi kehidupan dibulan itu.
Jadi bisa dibilang kehidupan kita di Turki ya zona nyaman banget. Saya merasa gak punya tantangan apa-apa selama di Turki, selain sulitnya nemu waktu luang Mustafa. Waktu itu dia kerjanya gak beraturan, kadang weekend juga kerja hehehe.
Sampe pada suatu hari dia dapet kerja disalah satu sekolah di Ankara. Seneng dong saya hehehe, akhirnya Mustafa punya jam kerja yang jelas. Baru beberapa bulan kerja, ada kejadian gak enak di Turki hehehe. Pemerintah nutup beberapa sekolah di Turki, salah satunya sekolah Mustafa. Padahal ya sekolahnya biasa aja, sekolah anak SD-SMP gitu. Orang tuanya ya biasa aja, guru-gurunya juga biasa aja. Mereka semua kehilangan pekerjaan, gak jelas juga gimana nasib mereka sekarang. Kadang hidup “se-enggak adil” itu memang hihihi.
Akhirnya kami berdua secara tidak sengaja memutuskan untuk menetap sementara di Indonesia. mungkin 2-3 tahun, dan sekarang kita berdua masuk tahun ketiga tinggal di Indonesia. ternyata hidup di Indonesia sekeras ini ya guys HAHAHHA. Indonesia nyatanya lebih kejam dari Turki, tapi di Indonesialah kita belajar buat “struggle”, benar-benar keluar dari zona nyaman. Kita berdua akhirnya lepas dari bantuan baba mertua. Gak lagi pake kartu kredit (selain beli tiket pesawat atau hal lain yang Cuma butuh kartu kredit).
Tapiiiiiiii, ujian hidup di Indonesia itu saya akui sangat amat berat. 2 tahun itu kita kayak berusaha buat berdiri tapi jatuh terus. Entah mungkin karena kita berdua yang sama-sama egois, atau mungkin saya yang kadar egoisnya terlalu tinggi. Apakah kami berkonflik selama itu? Oh tentu saja, tapi bukan konflik yang berat dan berlarut. Hanya saja saya akui, mungkin konflik di saat itu adalah konflik terbesar yang melanda kehidupan rumah tangga kami sejak kami menikah dari tahun 2014 lalu.
Tidak terhitung berapa kali kami membuat “Rencana Masa Depan“  dan selalu berakhir di titik “hampir“. Plan kesana dan kesini belum berbuah manis, kayak Allah bilang “Belum saatnya“. Sampe akhirnya Mustafa bikin gebrakan buat belajar keterampilan baru. Oya, sebelumnya saya mau cerita dulu. Siapa tau disini ada yang baru mampir dan belum tau soal kerjaan Mustafa apa selama 2 tahun ini hehehe. Jadi begini, Mustafa kerja sebagai penerjemah lepas di beberapa perusahaan terjemahan di Turki (dan Indonesia). Otomatis gaji yang masuk ke dia itu ya dari lira. Kemudian uangnya diconvert otomatis dari ATM ke rupiah. Inflasi Turki berasa banget buat kita, yang tadinya gaji misalnya bisa 10 juta (kalau diconvert ke rupiah), sekarang bisa Cuma setengahnya aja. Jadi krisis di Turki benar adanya dan kerasa banget sama kita. Karena kerja sebagai penerjemah berasa kayak sedikit kesempatan kerjanya, jadi Mustafa buat gebrakan buat coba sekolah lagi. Ini saya ngedukung banget, karena buat saya pendidikan itu salah satu cara terbaik buat ngubah kehidupan kita. Akhirnya Mustafa coba daftar sana sini ke beberapa universitas di Kanada dan Jerman. Sampai akhirnya dia lolos di satu universitas di Jerman. Semua persyaratan sudah beres, tapi qadarullah dia belum bisa berangkat. Senyesek itu loh, nyesek karena gabisa pergi (lagi-lagi) karena masalah uang :“).
Setelah kejadian itu, Mustafa jadi kehilangan semangatnya buat nerusin sekolah. Dia sekarang cuma pengen kerja yang bagus dulu, biar kalau sekolah (pake jalur mandiri) gak kesulitan. Dia gak harus ngegantungin harapan ke orang lain. Dia bilang kalau dia mau aktif belajar programing sendiri. Waktu itu saya sedikit kurang setuju, kurang sreg. Apa ya, mungkin masih nyesek karena gabisa pergi ke Jerman kali ya hahaha. Ditambah Mustafa kehilangan semangat buat sekolah lagi. Mustafa berkali-kali ngeyakinin saya kalau dia bisa belajar programing dalam waktu singkat dan bakal dapet kerja dalam waktu dekat. Saya masih setengah hati. Menurut saya keputusan itu terlalu gila dan nekat. Orang yang lulus dari jurusan programing aja belum tentu bisa dapet kerja cepet, apalagi Mustafa yang sama sekali gak ada backround programing sama sekali. Tapi ya, gimanapun istri harus tetap berada disamping suami buat ngedukung apapun pilihannya. Saya Cuma bisa kasih support dan berdoa. Yang saya tau, suami saya bisa dan mampu buat naklukin tantangan baru, apapun itu.

Setelah 6 bulan belajar, akhirnya Mustafa mulai pede kirim lamaran kesana dan kemari. Sekali ditolak, dua kali ditolak dan sampe akhirnya ratusan lamaran yang dia kirim berakhir dengan penolakan. Bener-bener gak keitung berapa banyak email penolakan yang dia dapet.  Makin hopeless, dan gak jarang kita debat soal ini hehehe monmaap saya masih ada sari egoisnya. Namanya juga lagi proses belajar, wajar kalau kadang-kadang gabisa ngendaliin. Orang bijak juga gak sehari langsung jadi bijak kan. Butuh berapa lama latihan dan berapa banyak dapat pengelaman hidup dulu.

Kita bertekad buat “ayo kita berdoa sama-sama beb”, maaf ya gess saya cerita ini tujuannya bukan buat riya atau pamer ibadah, tapi untuk gambaran kalian bahwa hal ini berpengaruh juga buat kehidupan kita. Saya selalu percaya kalau Allah bakal ngasih kalau kita minta. Apalagi kalau mintanya kayak mohon banget gitu, mau kesiapa lagi emang kita minta kalau bukan sama Allah?. Jadi selama Ramadan kemarin, kita berdua sama-sama salat hajat hampir sebulan penuh. Mungkin Cuma bolong beberapa malam aja, sisanya kita lakuin berdua. Ada banyak hal yang kita minta sama Allah, salah satunya pekerjaan buat Mustafa. Kita kayak bener-bener ngoyo gitu pas minta, semoga gitu kita dapat rezeki di bulan Ramadan gitu. Sampe akhirnya, ada email masuk pagi itu. Ternyata ada satu perusahaan yang tertarik sama cv Mustafa dan mau ngasih dia kesempatan buat kerja, langsung minta Mustafa buat ke Jakarta dan wawancara . gak lama Mustafa dapet email dari perusahaan kedua, tapi dengan beberapa tes dulu. Mustafa oke, dan gak lama dia ngejalanin tes yang diajukan perusahaan tersebut. Ya walaupun skill Mustafa di programing masih minim, tapi dia bisa juga nyelesein tes yang dikasih mereka wkwkwk. Gak lama setelah itu, dia dapet tawaran kerja dari perusahaan lain. MashAllah, mungkin ini yang dinamain berkah Ramadan ya :). Ternyata perusahaan kedua oke dan ngundang Mustafa buat ke Jakarta dan nerusin tes lanjutan. Dan mashaAllah jaraknya deketan gitu.

Akhirnya kita berdua pergi ke Jakarta buat wawancara dengan perusahaan pertama. Mereka perusahaana kecil, tapi jam terbangnya lumayan juga. Disana, Mustafa gak dikasih tes apa-apa. Mereka kayak ngobrol biasa aja gitu sama Mustafa, Cuma ditanya kamu tau program ini ga? Tau java ga? Gitu gitu deh yang berhubungan dengan programing. Wawancaranya juga Cuma beberapa jam aja, singkat banget. Gak tau juga lolos apa engga ya hehehe. Selang seminggu, kita ke Jakarta lagi buat tes di perusahaan kedua. Saya agak setengah hati sih sebenernya, karena perusahaan itu perusahaan aplikasi pinjaman online. Mungkin karena beberapa kali saya baca hal negative dari aplikasi pinjaman online, jadi rada gimana gitu kalau Mustafa kerja disana huhu, ya walaupun kerjanya dibagian pengembangan software.

Singkat cerita, Mustafa ternyata engga lolos di perusahaan pertama hehehe (karena istri juga gak rela kali ya wkwkkw, terakhir saya gak rela tuh pas Mustafa coba daftar kuliah di UI dan gak lolos akhirnya hahaha) dan qadarullah dia diterima dengan baik di perusahaan kedua. Tapi, perusahaan kedua minta Mustafa buat wawancara sama klien dulu, kalau kliennya cocok ya mereka oke. Rencananya, mereka bakal ngirim Mustafa kerja di klien kalau misalnya lolos. Kali ini wawancaranya lewat skype, tapi tanpa face to face. Gak lama hasilnya keluar dan Alhamdulillah, akhirnya Mustafa lolos di perusahaan itu tanpa pengalaman kerja. Biasanya beberapa perusahaan kasih syarat minimal berapa tahun pengalaman kerja gitu. Salah satu modal yang Mustafa punya dan yang  jadi daya tariknya adalah kejujuran. Dia jujur sama mereka kalau dia sangat amat baru di dunia programing, tapi dia bisa belajar dengan cepat. Kedua, dia punya skill berkomunikasi yang bagus. Itu yang akhirnya jadi pertimbangan perusahaan nerima dia, karena kerja di perusahaan mereka gak Cuma skill di programing aja yang diliat. Kita gak akan pernah lupa perusahaan ini, sampe ketika kita sukses nanti (aamiinin dong gess wkwkw).

Begitulah sepenggal cerita perjuangan Mustafa yang akhirnya dapet kerja hehehe. Nemenin suami dari nol itu jujur berat banget. Dulu ya ngomong kayak berasa gampang aja gitu “Gue mau nemenin suami dari nol, biar berasa aja gitu sukses bareng-barengnya wkwkw”, eh ternyata prakteknya susah banget cuy. Godaan sana sini, salah satunya rasa iri liat temen yang seumuran tapi idupnya udah mapan banget. Normal toh ngerasa iri, namanya juga manusia. Allah udah ngasih porsi masing-masing buat kita. Allah ngasih jalan ini ya atas kemauan saya dan karena yakin kalau saya dan suami bisa ngelewatinnya. Kejadian-kejadian yang terjadi dimasa “struggle” itulah yang ngasih pelajaran berharga buat kita. Ngebentuk kepribadian kita jadi lebih matang, dan semoga bisa bikin kita siap ketika kita sudah “mapan” kelak. Gak semua orang siap ketika masuk fase “mapan”, makanya ada istilah OKB atau Orang Kaya Baru hehe. Semoga ketika kita dititik itu, kita bener-bener siap dan gak kena virus OKB :).

Buat temen-temen yang sekarang sama-sama berjuang seperti kita, mari kita berpegangan tangan. Menemani suami dari nol itu sulit memang. Tapi percayalah, semua akan manis pada akhirnya. Jangan lupa untuk terus libatkan Allah disetiap langkah kita, karena Cuma Allah aja yang bisa bikin semua hal yang gak mungkin jadi mungkin. Terus dukung suami dengan pilihannya, tapi ya jangan lantas buat kita akhirnya gak ngungkapin pendapat juga sih hehehe. Ya kayak dulu, saya juga pernah kok gak sepakat sama pilihan Mustafa, tapi kita bicarain baik-baik, terus ditimbang baik buruknya. Alhamdulillah ada titik terangnya.

Jangan sia-siain suami yang mau berjuang, susah loh nemu yang mau berjuang gitu. Gak semua orang mau soalnya. Ini yang bikin saya yakin kalau Mustafa bakal sukses suatu hari nanti, karena dia punya jiwa juang yang tinggi. Hidup juga gak harus selamanya indah. Sesekali coba keluar dari zona nyaman. Kita pernah ngerasain kehilangan pekerjaan, kita pernah ngerasain tinggal di kontrakan petakan yang gak punya jendela, bahkan ngerasain ditipu dan dimanfaatin orang gimana. Semua pengalaman itu yang akhirnya ngebentuk kita yang sekarang. Jangan takut buat berjuang. Emang yang namanya berjuang itu ya susah, tapi kan yang namanya berjuang itu gak ada yang gampang. Ternyata gini ya nikah itu hehehhe, senikmat ini prosesnya :) mashaAllah.

Katanya, ujian istri itu adalah ketika suami gak punya apa-apa. Sedangkan ujian suami adalah ketika dia memiliki segalanya. Kalian yang berniat menemani suami dari nol harus super siap lahir batin ya geesss, karena emang jalannya penuh ujian. Berantem-berantem gitu pasti bakal ada. Kita juga pernah kok, sampe katanya saya kayak yang kesurupan gitu pas berantem sama Mustafa. Setertekan itu sama keadaaan hahaha. Tapi alhamdulillah, waktu itu Mustafa selalu ada disamping saya, menemani saya disaat sulit. Dia yang selalu kasih keyakinan sama saya bahwa hidup kita akan berubah. Dia gak pernah lupa bilang makasih sama saya karena udah nemenin dia berjuang sampe titik ini. Gak akan ada perempuan yang tahan hidup dengan keadaan dia yang begini kata dia. Orang-rang mungkin nganggep Mustafa tidak beruntung menikah dengan saya. Oh iya, pernah ada kok yang bilang demikian :). Tapi Mustafa selalu meyakinkan saya, bahwa dialah yang beruntung menikahi saya. Rumah tangga memang harusnya begitu toh, kita berdua harus sama-sama ngerasa beruntung menemukan satu sama lain. Hal yang saya berikan untuk Mustafa belum tentu bisa diberikan oleh perempuan lain, begitupun sebaliknya.

Saya tidak menyesal mendapatkan pengalaman hidup seperti ini. Banyak pelajaran berharga yang kami berdua dapatkan dari “hidup susah” dulu. Allah benar-benar luar biasa ngasih ujian sama kita. Ujian yang akhirnya bikin kita berdua jadi pribadi yang sekarang, dan inshaAllah lebih baik kedepannya. Aamiin. Semangat ya buat kalian semua!

Segini dulu ya tulisan kali ini, kayaknya rada panjang ni hahaha, semoga gak pada bosen bacanya yaa :D
Wassalamualaykum wr. wb


image
Foto dihari pertama bekerja sebagai software developer (hasil belajar sendiri), aku bangga log beb XD 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar