Aku dan separuh agamaku

Aku dan separuh agamaku

Sabtu, 11 Juli 2015

Turki Darurat Tembakan

Beberapa hari lalu dapet kabar kalo ada aksi penembakan di Ankara, tempat kejadian perkara deket banget dari rumah. Masalahnya spele, cuma karena masalah parkir Satu  nyawa hilang sia-sia. Ironisnya si korban tewas bukan orang yang punya masalah dengan tersangka. Tersangka yang bawa pistol ternyata nembak sekitarnya secara acak, akhirnya peluru tersebut mengenai pemuda berusia 24 tahun. Masih sangat muda, seusia suami gue. Si pemuda lagi kerja di salah satu toko sama babanya, karena keegoisan seseorang nyawa orang tak berdosa lenyap begitu saja.

Masalah tembak menembak emang udah darurat banget di Turki. Pistol beneran udah dijual kayak kacang rebus disini. Orang sini pake pistol seenaknya aja, masih beruntung di Indonesia penggunaan pistol masih dibilang normal yah. Disini pistol dipake buat ngegantiin fungsi petasan di acara pernikahan. Yaaa, rakyat sipil bisa beli dengan mudah kendati hal tersebut illegal.

Masih jelas diingatan pas denger suara pistol beneran untuk pertamakalinya, waktu itu kita lagi ngehadirin acara pernikahan temen SMA suami. Pas pulang ada suara ledakan, dikira petasan gak taunya pistol. Men, gue syok. Gimana kalo itu pelürü nyasar nembak orang? Dan ternyata kejadian kayak gitu udah sering terjadi. Suami bilang banyak orang yang meninggal karena peluru nyasar yang ditembakin pas acara pernikahan. Cuma orang-orang yang kehilangan kewarasan yang pake pistol buat ngeramein acara pernikahan.

Pengalaman kedua baru dialami beberapa hari lalu sebelum kasus penembakan di Ankara. Gue sama suami diundang buka puasa di rumah temennya suami. Pas nyampe, gue liat dengan mata kepala sendiri ada bapak-bapak nembakin pistol ke udara di dekat anaknya! Gila gak sih! Gue otomatis ngedumel ke suami dan bilang “how crazy Turkish people ya! How if someone die cause that gun?!”. Ya walaupun itu pistol di tembakinnya ke udara, tapi kalo tiba-tiba ada pesawat lewat trus kena pistol tersebut kan bahaya.


Ini yang gue gak suka dari orang Turki. Dibalik sifat ramahnya, terdapat sifat pemarah. Ketika marah, orang Turki bisa melakukan apa saja, termasuk menembak. Bukan nembak dalam artian “I love you”, tapi nembak pake pistol jeder! Dulu pernah denger cerita gelin Indonesia yang liat adegan tembak menembak orang Turki di jalan raya. Mennnn, berasa lagi syuting film Hollywood ga sih? Kalo gue dalam posisi itu, gue gatau harus apa.. mungkin cuma bisa pasrah sama Allah :(

Wanted Movie

2 komentar:

  1. Kak emang benar ya klo orf turki itu suka marah marah ?

    BalasHapus
  2. Kak emang benar ya klo orf turki itu suka marah marah ?

    BalasHapus