Aku dan separuh agamaku

Aku dan separuh agamaku

Selasa, 28 Juli 2015

Lebaran Pertama di Turki


Merhaba, nasılsınız? :D
“Setelah berpuasa satu bulan lamanya, berzakat fitrah menurut perintah agama..
Kini kita beridul fitri berbahagia, mari kita berlebaran bersuka gembira..”
Selamat lebaran yak buat semua  pembaca blog gue :D maaf banget telat ngucapin karena baru bisa nulis, seminggu kemaren gue di rumah mertua kaga bisa ngapa-ngapa..maksudnya gabisa nulis hehehe. Disana gue sibuk travelling dan jadi menantu yang baik hehehe.
Dalam tulisan kali ini gue mau cerita pengalaman lebaran pertama di negeri suami.

17 tahun sudah gue gak pernah ngerasain mudik ke rumah nenek dikarenakan rumah nenek gue cuma berjarak beberapa langkah dari rumah gue. Setelah kuliah baru deh ngerasain mudik karena kadang waktu libur kuliah mendekati waktu lebaran hıhı. Jarak Pandeglang-Bandung sekitar 6 jam, lumayan berasalah mudiknya hahaha. Lepas kuliah dua bulan gue langsung dapet pinangan mantan pacar. Dan hijrahlah gue ke negara suami di Turki. Taun ini merupakan tahun pertama gue mudik ke rumah mertua gue, dan tahun ini juga gue bisa menyematkan kata “Mustafa & Dea Kurşun sekeluarga” di ucapan selamat lebaran gue setelah bertahun-tahun hanya menyematkan kata “Dea Audia yang Inşaallah berkeluarga” :’)

Cukup ya intermezzonya wkwkwkwk

4 hari sebelum lebaran gue melakukan perjalanan ke Düzce, kampungnya suamicım. Suami bilang gue bener-bener mudik pas liat barang bawaan gue. Siap tempur bangetlah, koper, tas, jaket, kamera, make-up, bantal, dll dll :D dikarenakan mau liburan ke pantai, gue memutuskan bawa atribut gaya di pantai (minus bikini, selain karena gue juga gabisa berenang)

So, inilah perlengkapan mudik gue


Perjalanan dimulai selepas sahur, biar gak mentereng. Summer emang beneran hot-hot pop, bikin gaya makin ngepoplah. Sepanjang perjalanan di kasih pemandangan yang aduhai indahnya sama Allah. Bukit-bukit yang pas winter kemarin putih sekarang keliatan ijo adem. Mirip tol cipularanglah dikit hahhaa.  


Ditengah jalan perjalanan dialihin sama polisi, ternyata ada kecelakaan hebat di jalan tol meuju Bolu, salah satu kota dekat Düzce. Alhamdulillah, sepertinya Allah masih melindungi gue dan suami. Awalnya kita mau berangkat sebelum sahur, tapi gue lebih  milih abis sahur aja. Dikarenakan takut suami kecapekan nyetir malem-malem buta. Mungkin kalo jadi berangkat sebelum sahur, kita bisa liat kecelakaan itu, atau kalau lebih buruknya kita malah terlibat dalam kecelakaan. Alhamdulillah Allah masih ngelindungin kita.

Akhirnya gak sampe 3 jam kita nyampe Düzce. Jalanan alternatif menuju sana percis banget jalanan puncak Bogor yang berkelok-kelok. Setelah cipika-cipiki sama mertua, gue lanjut molor sama suami.
Hari itu kita lagi ngadain makan besar, buka puasa bersama sama keluarga ibu mertua. Dan udah dipastikan kita sibuk masak ini itu. Gue, ipar dan ibu mertua sibuk masak buat tamu dari siang. But you knowlah, makanan Turki tak serempong makanan Indonesia. Bumbu gak ribet, cuma lumayan capek juga masak buat porsi besar hehehe.

Waktu berbuka tiba dan si tamu datang. Orang Turki suka banget ngundang iftar (berbuka), kalo di Indonesia malah kayaknya lebih suka berbuka puasa bersama diluar (di restaurant). Disini hampir tiap hari kayaknya suami dapet undangan iftar, sampe bisa  diitung jari buka puasa bareng sama gue -_-
Seru juga sih iftar bersama sama keluarga ıbu mertua, soalnya ada si lucu Hatice. Duh, kalo udah ngedelik pake matanya tuh rasanya sesuatu hehehe. Dia udah hafal sama gue, meluk gue berkali-kali sambil nyium pipi gue pas ketemu sama gue. Duh lucu banget kan. Obrolan keluarga cukup lama juga, akhirnya setelah jam 12 malem mereka akhirnya pulang dan gue coba tidur sebentar.

Gak ada yang istimewa dari hari terakhir sahur, puasa dan iftar. Cuma sedih aja, karena taun ini gak bisa ngerasain sama keluarga untuk yang pertama kalinya. Gak ada hidangan besar menjelang lebaran kayak rendang, semur, opor, gemblong (uli) dan ageun lada (sop jeroan khas Pandeglang).

Malem takbiranpun rasanya sepi, beneran sepi. Gak ada petasan plus takbir keliling di jalan-jalan. Di Indonesia pasti udah rame bocah pengajian takbiran si masjid sampe tengah malem, terus udah gitu emaknya dateng nyuruh tidur biar besoknya gak kesiangan bangun buat solat idul fitri. Gak ada pawai obor juga, lah pokoknya sepi binarlah hahaha. Bener-bener kayak hari biasa aja. Dan tidurpun ya kayak biasa, nothing special di malam takbiran negri Ottoman.

Besoknya gue udah siap-siap mau solat İed. Udah keçe badai mau solat pake mukena hadiah temen gue. Tapi oh ternyataaaaa, perempuan Turki gak pernah solat İed, kalaupun solat ya mereka solat di rumah. Cuma kaum adam yang solat di mesjid, hal ini dikarenakan perbedaan mazhab orang Indonesia dan Turki. Turki penganut mazhab Hanafi, sedangkan Indonesia Syafe’i. Di syafe’i sah sah aja cw mau solat ied di mesjid, tapi di hanafi gak begitu. Sedih juga, pertamakalinya gue gak solat ied karena haidh. Beneran semarak lebaran di Indo deh aslinya.

Abis solat ied biasanya pada sungkeman gitu sama keluarga, cium tangan tetua. Disini sama sih, prosesinya aja yang berbeda. Gue cium tangan mertua dan suami, sambil pelukan halal (ngiri yaaa hehehe).

Di Indonesia tradisinya ya habis sungkeman biasanya makan bersama terus ziarah ke makam keluarga. Kalo disini tradisinya ya sarapan bareng dan gak ada ziarah (ini kalo di keluarga gue ya, gatau juga di keluarga Turki yang lain). Dan tradisi sarapan kai ini itu dilakukan di keluarga baba mertua. Ua, mamang, bibi, encang. Encing pada numplek makan bareng. Hidangannya sama aja kayak hidangan kahvaltı (sarapan) Turki pada umumnya. Gak ada foto keluarga besar setelah silaturahim, kalo di Indonesia wajib hukumnya foto keluarga besar plus baju seragam (kalo ada modal). Disini engga ada, selain karena orang Turki rada kurang suka foto juga kayak orang Indonesia. Orang Indonesia kan dikit-dikit main foto aja heheh (ngaca).

Jadwal cukup padat juga hari itu. Kita ngunjungin sodara suami yang baru punya bayi gitu. Trus di rumahnya di kasih teh sama baklava. Kalo ada kamera, gue mau melambai aja. Gak kuat makan manis-manis. Meding makan baso pake sambel 5 sendok ketimbang makan makanan yang rasanya giung manise. Baklava kan gulanya bejubel. Pernah bantuin ibu mertua bikin baklava, menurut gue sih udah pas manisnya tapi menurut beliau ya masih kurang sehingga di kasih tambahan gula lagi. Adek lelah bang, buang saja adek ke rawa-rawa :’)

Selepas kunjungan di pihak baba mertua kita kunjungan ke kerabat baba dan ibu mertua. Gatau deh ada berapa keluarga yang dikunjungin. Saking puyengnya makan baklava, jadi gak bisa ngitung. Oyaaa, mobil baba rusak, jadi kita naik mobil suami. Di belakang ditempatin 4 orang. Adik ipar gue si Cavit ngikut. malemnya kita kunjungan ke pihak ibu mertua. Disana lagi-lagi gue dicekokin baklava, ya Allah ini kamera dimana yaaa..rasanya mau nyanyi lagu Arron Ashab yang lyricnya gini “lambaikan tangan ke kameraaaa…ku tak sanggup lagiii”. Kalau gak baklava ya coklat atau permen, duh beneran gue mau nyerah aja :”) pengen rendang aja :”)

Disana gue ngobrol banyak sama pihak keluarga suami. Seru juga, silaturahim lebarannya sih gak ada bedanya sama Indonesia, sama-sama hangat. Cuma penyambutannya aja yang beda sama Indonesia. Di Turki konon katanya lebaran haji lebih semarak. Kalo di Indonesia kan sebaliknya yah, lebaran haji malah sepi. Cengkrama satu sama lain sambil practice bahasa Turki gue. Di Düzce emang lebih enak belajar bahasa Turki, karena gue mau gak mau dipaksa berkomunikasi pake bahasa Turki. Di Ankara, gue lebih sering komunikasi pake bahasa Inggris atau Indonesia. Suami gue kepinteran, ngerti bahasa Indonesia. Antara sedih dan bahagia. Bahagia karena gue gak perlu repot-repot nerjemahin kata yang gue maksud kedalam bahasa Inggris, sedih karena kadang kalo lagi ngegossip sama temen di whats app atau BBM suami gue ngerti, padahal udah pake bahasa gaul :”)

Setelah puas ngobrol sana-sini akhirnya kira pulang. Ini karena baba mertua juga sih yang gak sabaran pengen balik. Sekita jam 10 malem kita pulang. Tapi dijalan kita dapet musibah, mobil suami gue kena cium mobil lain :”)

Beyazım (nama mobil kita Beyaz) kamu demen banget deh ciuman sama mobil lain, udah dua kali loh kamu ciuman mesra sama mobil orang :”)

Ibu mertua keliatan banget paniknya, baba mertua emosi karena ibu mertua bilang kita balik aja karena ngerasa gak ada apa-apa, tapi wow bemper belakang rusak parah sampe ke bagasi. İbu mertua bilang gitu karena kaget, panik, tapi malah berantem sama baba mertua. Ibu mertua Cuma takut baba mertua berantem sama yang nabrak. Tapi si penabrak ngerti sambil bilang “Geçmis Olsun”,(kalo tabrakan mobil dan salah satu bilang kata itu berarti dia udah mengakui itu salah dia). Ternyata baba mertua yang emosian bisa cool juga ngadepin penabrak, percis suami gue (atau suami gue yang percis beliau yah :D).

So begitulah kisah kasih lebaran gue di negri Ottoman, semoga masih ada kisah lebaran selanjutnya yang bisa gue share disini. Yaaa, sekali lagi mohon maaf lahir bathin yak semuaaaaa. Nantikan kisah selanjutnya :D

Dan ini sepenggal foto lebaran gue di sini :")














1 komentar:

  1. Jadi penasaran rasa manisnya baklava, Kak. :)
    Tapi rendang memang ter the best ya :D

    BalasHapus