Aku dan separuh agamaku

Selasa, 28 Juli 2015

This time for travelling!

“Lebaran rasanya tidak ulala kalau tidak liburan”
Audia Kurşun

Setelah semalem posting tentang lebaran di Turki, sekarang gue mau posting soal liburan lebaran di Turki. Kali ini gue liburan bareng suami beserta Ayşegül, İsa dan Murat ke daerah Karadeniz (Laut hitam) Turki. Düzce kayaknya mirip kampung halaman gue di Pandeglang, semua ada termasuk pantai, jadi berasa di rumahlah dikit-dikit.

Kemarin kita start dari Düzce ke Zonguldak (Baca: Zongguldak). Perjalanan memakan waktu 1,5 jam. Pemandangan sepanjang jalan lagi-lagi bikin mata melek. Soal pemandangan alam indah nan asri ya Turki masih juara. Berkali-kali dibikin takjub sama bukit yang dilubangi buat dibikin jalan raya. Terowongan jalan Düzce-Zonguldak termasuk yang paling panjang yang gue liat selama 9 bulan tinggal di Turki.

Gak lama gue mulai disuguhi pemandangan sebelah kiri gue yang mulai “melaut”. Mirip di pelem-pelem Eropa yang view jalan tol sebelahan sama laut lepas. Rasanya mau keluar mobil dan teriak “i feel free” ala syahrini sambil jalan maju mundur syantik syantik.

Akhirnya kita sampe Zonguldak yeiy! Dan berasa mau dipanggang perlahan karena puanasnya puol beb :D

Gue kira pantainya kayak pantai-pantai di Indonesia yang ada pasir putihnya. Tetapi ternyata pantainya sama aja kayak di Istanbul :”) aku kuciwa..udah ngabayangin mau main air ala-ala cabe-cabean lagi puber sama suami. Nyatanya niat itu harus diurungkan. Dan akhirnya kita popotoan aja disana :D

Ternyata Zonguldak salah satu kota bersejarah juga, ada peninggalan zaman Yunan kuno. Zonguldak awalnya bukan wilayah kekuasaan Turki, tetapi Yunani. Kekhalifahan Ottoman berhasil ngambil wilayah itu dan akhirnya jadi wilayah kekuasaan Turki.

Ada patung Herkules (atau dalam bahasa Turki dikenal dengan nama Herakles) yang lagi coba ngebunuh anjing berkepala tiga dengan ekor ular. Patung tersebut punya cerita. Jadi zaman dahulu kala Herkules punya satu tugas terakhir buat datang ke makamnya dewa hades di neraka. Dan di neraka ada anjing berkepala tiga dengan ekor ular yang jagain makam dewa hades, nama anjingnya Kerberos. Nah herkules coba bawa Karberos ke dunia dan ngebunuhnya dan menyempurnakan tugasnya. Herkules juga membebaskan rakyat dari kekezaman pemimpin kejam di masa itu. Untuk karena itu dibuatlah patung untuk mengenang jasa Herkules.

Herkules masuk ke neraka melalui sebuah terowongan yang diyakini ada di Zonguldak. Sayang karena kemarin hari senin jadi kita gak jodoh masuk ke terowongan tersebut. Setiap hari senin semua museum di Turki tutup. Jadi gue cuma bisa ngeabadiin gambar depan terowongan neraka itu.

Selesai menjelajah gue Herkules, kita jalan menyusuri pesisir pantai lain. Ada sebuah museum kapal disana. Sayang lagi lagi sayang kita gabisa masuk karena tutup.

Setelah puas muterin Zonguldak sambil popotoan, akhirnya kita pergi mampir ke rumah salah satu mantan tetangga suami di Mengel (baca: Menggel) yang sekarang tinggal deket laut hitam. Alhamdulillah perut kenyang gratis hahaha. Keluarga tetangga suami juga baik banget, kata suami si ibu suka banget sama gue dan suami. Dan si ibu suka ngepoin foto kita dari fb suami hehehe.

Setelah puas silaturahim, kita mulai show time ala cabe-cabean dan terong-terongan yang baru nemu pantai. Yep, kita main di pantai berpasir. Aheuy, rasanya seneng bisa nemu pantai kayak di Indonesia. Cuma sayang pantainya kotor. Masyarakat Turki yang terkenal disiplin soal kebersihan ternyata bisa kurang ramah juga sama alam. Masa ada bungkus pampers di pasir pantai segala, kan jijay. Sama aja sih kalo soal ngotorin lingkungan, orang Indonesia juga sama kayak begitu.

Laut hitam merupakan laut yang mempunyai kadar garam yang tinggi. serunya di laut hitam kalo kita berenang gakan tenggelem (pantesan banyak yang berenang disana). Pas lagi asyik memandang lautan lepas, gue dikejutin sama suami. Ternyata ada lumba-lumba liar yang berenang di laut hitam. Buat yang penasaran sama videonya, bisa cek di Instagram gue yang udah gak digembok.

So, lumayan juga berkunjung ke laut hitam. Berasa di Indonesialah dikit plus dengan liat lumba-lumba liar. Keluarga mertua perempuan berasal dari daerah laut hitam, orang lazca. Biasanya sih orang laut hitam gak sabaran, tapi ini suami sama keluarga mertua cw rasanya penyabar banget hehehee. Malah lebih gak sabaran gue hehehhee.

Setelah puas main di pantai, kita akhirnya pulang dan memutuskan main ke air terjun sambil sarapan ala kampung besok harinya. So, perjalanan hari itu ditutup dengan tidurnya gue di mobil as usual.

***

Hari selanjutnya kita berencana main ke air terjun Düzce. Kita berangkat agak pagi karena mau coba kahvaltı ala kampung. Perjalanan bikin agak puyeng keblenger juga, soalnya kelok-kelok. Jalanannya sempit dan di beberapa tempat gak ada pembatas jalan. Kalo udah kayak gini gue susah buat tidur, karena harus merhatiin suami yang lagi nyetir.

Akhirnya sekitar 30 menit kita sampe juga di tempat sarapan. Pemandangannya bagus banget, berasa bukit moko Bandung. Setelah meşen menü kahvaltı, kita ngobrol ringan. Tentang İsa yang baru balik wajib militer. İsa bilang wajib militer bener-bener gak nyaman. Banyak yang mabok, make narkoba dan perbuatan jelek lainnya. Wajib militer sendiri jadi momok menakutkan buat para pria Turki, salah satunya suami gue. Suami gue coba buat nunda selama mungkin, makanya dia ambil master  buat taun ini dan coba double degree setengah tahun kemudian. Setelah abis masa kuliah, dia pengen ngajuin tinggal di luar negri supaya bisa dapet dispensasi dari pemerintah. Tapi, mau gak mau lelaki Turki wajib ikut wamil. Kecuali ada yang mau bayar dengan harga tinggi dan sakit parah. Kayaknya adik ipar gue gakan ikut wamil karena badannya fragille banget. Gue Cuma takut pas punya anak, suami gue dipaksa wamil sama pemerintah. Sebisa mungkin gue pengen dia ambil wamil dalam waktu dekat, sebelum ada bebek (bayi).

Welll, akhirnya sampe juga sarapan kita. Menü standar sarapan Turki yang biasa gue makan di rumah mertua. Cuma juasanya di menü kali ini tuh hidangan jamurnya, cucok bokkk juara deh. Ternyata menü biasa gini harga perorangnya 20 TL, atau sekitar 100 ribu. Kita ngehabisin 500 ribu buat sekali makan, dan Murat bayarin semua makanan kita. Oya, Murat itu anaknya paman suami gue. Orangnya baik dan masih single hehehe. Gue digodain ibu mertua buat cari jodoh buat Murat dari Indonesia hahaha.

Setelah puas makan kita lanjut hyking ke bukit yang ada di ataş rumah makan. Lumayan cape juga hehehe. Tapi alhamdulillah pemandangannya gak sia-sia. Bagus bangetlah.

Selepas puas liat pemadangan alam, perjalanan kita lanjutin ke air terjun. Perjalanannya lebih cocok pake mobil sport karena di beberapa tempat jalanan udah gak bagus. Kalo menurut gue sendiri, air terjun düzce lebih mirip air terjun cimahi,cuma bedanya lebih tinggi aja. Jalan yang ditempuh juga mirip, lewatin tangga-tangga gitu. Ditengah jalan kita sempet ketemu aning lucu. Mirip anjing keluarga suami, si cesur yang baru meninggal versi mininya. Si anjing suka sama murat kayanya, soalnya ngikutin murat molo.

Setelah sampe air terjun, puas banget. Bisa ngadem bentar sambil ngambil foto ala cabe dan terong hehehe. Disana juga gue meraktekin forto mode air terjun dan berhasil yeyeyeye! :D

Pokoknya liburan dua hari di Düzce kali ini bikin puas luar biasa buat gue. Dari pantai sampai air terjun kita datengin. Dari tempat bersejarah sampe tempat yang asri. So, big thanks buat Allah yang udah nempatin gue di Turki, dan tentunya buat Murat juga. Dia guide pribadi sekaligus sponsor liburan kita kali ini, karena selama liburan dia yang bayarin.

Udah dulu cuap-cuap travelling kali ini..nantikan catatan selanjutnya dari gue :D