Aku dan separuh agamaku

Aku dan separuh agamaku

Kamis, 27 Agustus 2015

Teman Hidup Terbaik

Hampir tengah malem masih nunggu suami balik kerja. Mau ngelipet baju cucian bersih rasanya masih males hahaha, besok aja ah :D. daripada bete mending nulis random.

Dalam rumah tangga rasanya wajar kali ya kalo kita berantem sedikit-sedikit. Kalo lempeng gapernah marahan malah rasanya ada yang yang kurang. Sebahagia-bahagianya gue di postingan foto instagram gue, pasti pernah ngambek-ngambek dikit sama suami. Dibalik foto yang bahagia, terdapat banyak cerita tersembunyi begitulah kira-kira jika dibahasakan.

Seringkali gue sama suami berantem karena hal spele, sebatas janji pergi yang gak terlaksana. Sebenernya ini murni bukan kesalahan yang dibuat suami, tetapi karena suami suka dapet kerjaan mendadak dari atasannya dan gabisa ninggalin seenaknya. Jadi yang dikorbankan ya janji sama bininya.    

Bete? So pasti. Kalo gue ngambek, suami stress bukan kepalang. Gue ngakuin sih, kalo gue ngambek emang jelek banget adatnya. Kalo gue ngambek sama suami, gue lampiaskan dengan puasa ngomong. Nah itu yang bikin suami gue stress bukan kepalang. Ditanya diem aja, dipeluk gamau meluk balik. Tapi itu gak berlangsung berhari-hari, lewat 4 jam aja gapernah. Gue termasuk tipe orang yang gabisa marah lama-lama hehehe. Awalnya sih gengsi mau meluk balik suami, lama-lama gatel juga pengen meluk hehehe.  

Kita punya prinsip selesaikan masalah hari itu juga. İtu udah jadi kebiasaan kita dari zaman pacaran dulu. Jadi kalo punya masalah ya diselesein secepetnya di hari itu juga. Suami sifatnya lebih lembut dari gue, kadang suka mikir mungkin sebenernya kita ketuker negara kali yak. Harusnya gue yang orang Turki dan suami yang orang Indonesia, abisnya suami lembutnya ngalahin orang Jawa booook.
That’s why Allah ngejodohin gue sama suami, hal tersebut karena kami punya sifat yang bertolak belakang satu sama lain. Jadi kalo ada masalah, dua-duanya gak keras kepala. Pasti ada salah satu yang ngalah dan ngebuang gengsi buat minta maaf duluan. Dan bisa ditebak kan siapa yang lebih sering minta maaf kalo kalian baca dari penuturan gue.

Nikah beda kebangsaan itu gak mudah. Jujur aja, kadang gue gak bisa ngejelasin semua yang gue rasain sama suami. Kadang gue males buat nerjemahin maksud perasaan gue, gak semua bisa diterjemahin ke Bahasa Inggris atau Turki. Alhamdulillah sekarang bahasa Indonesia suami udah lebih keçe dari sebelumnya, jadi kesulitan sedikit berkurang. Selain itu, faktör budaya yang beda juga bisa bikin gesekan kecil dalam rumah tangga. Apalagi kalau misalnya kalian masih tinggal sama mertua, pasti selalu ada drama kecil yang terjadi didalem rumah, sebaik apapun mertua kalian sama kalian.

Budaya Turki sedikit berbeda dari budaya Indonesia. Contohnya, di Turki orang-orang suka bertamu sampe larut malem sedangkan di Indonesia hal tersebut kan tabu banget. Kita mesti sabar-sabar, kuat-kuatin kelopak mata biar melek. Awal-awal gue kesini juga gitu. Gue mesti sabar nerima tamu di rumah mertua sampe lewat jam 12 malem. Tapi semakin kesini ya gue jadi mulai menyesuaikan diri. Dan masalah namu sampe tengah malem di Turki bukan masalah berarti lagi buat gue. Intinya kita mesti pandai adaptasi sama perbedaan budaya negara pasangan. Saling menerima perbedaan juga jadi kunci keharmonisan rumah tangga beda negara.

Gue bukan pakar rumah tangga macem Fahd Pahdepie, umur pernikahan gue aja belom genap setaun. Gue Cuma nulis berdasarkan pengalaman yang gue alamin sama suami gue disini. Semarah-marahnya kita sama suami, jangan sampe ngediemin suami sampe berhari-hari apalagi sampe ninggalin rumah dan tidur ditempat lain. Gue emang pernah pergi dari rumah, tapi tujuannya bukan kabur, melainkan menenangkan diri sejenak. Gak lama suami gue jemput gue ke tempat gue menyendiri hehhe. Dan jangan sampe tidur di kamar yang berbeda sama suami. Suami tetep kepala rumah tangga yang wajib kita hormati. Coba jelaskan perasaan kalian sama pasangan pelan-pelan. Saran gue sih selesaikan secepatnya, kalo bisa ya hari itu juga. Bilang kata “I LOVE YOU” sesering yang kalian bisa, karena kata tersebut jadi pupuk cinta rumah tangga kalian juga.

Selain karena janji yang tak terlaksana, gue juga ngalanin masalah dengan kerjaan suami. Awal-awal sih berat buat gue, karena dalem bayangan gue ya suami selalu pulang gak lebih dari jam 7 malem. Dan pasti selalu kosong di hari sabtu dan minggu. Tapi ternyata gak seperti itu. Gue harus siap dengan janji yang bakal batal di kemudian hari karena kerjaan suami gue. Sempet gak terima,  tapi mau gimana lagi. Lagipula suami udah cinta mati sama kerjaannya, gue Cuma bisa dukung dan doa aja, toh suami kerja juga buat gue.

Ketika ada masalah dan kalian mentok gabisa apa-apa, usahain cerita sama yang lebih berpengalaman dengan cerita rumah tangga kalian. Misalnya gue yang milih cerita sama orang yang nikah campur kayak gue. Cerita kayak gitu bikin kalian lebih plong aja dan bonusnya kalian bisa dapet masukan. Disini gue sering cerita ama dua emak gue dan pasangan kawin campur lainnya, kadang suami kalo udah mentok juga suka cerita sama dua emak gue. Terus kadang mereka akhirnya ngomong sama gue buat gak bersikap seperti itu sama suami. Akhirnya masalah selesai hehehe.

Alhamdulillah sekarang intensitas ngambek gue dan suami udah mulai menipis, ini dikarenkan kita udah mulai bisa antisipasi kemarahan satu sama lain. Kalo suami agak ngambek, gue suka godain “tuh kan Turkinya keluar”, terus suami senyum. Kadang kalo gue lagi bad mood, suami selalu coba buat peluk gue dan ngajak gue ketawa. Kalo bisa ya dia pulang lebih awal buat ngehibur bininya hihi. Wajar, nikah beda negara kadang moodnya naik turun. Selain kita harus nyesuain diri, kita juga harus nyesuain mood yang suka  berubah karena kangen rumah.

Gak ada pernikahan yang sempurna, yang ada ya pernikahan yang pelakunya pandai memahami satu sama lain. Setiap pernikahan punya ujiannya sendiri-sendiri. Jangan ngerasa ujian rumah tangga kita yang paling buruk dari ujian rumah tangga orang lain. Karena Allah kasih ujian gapernah ngelebihin kemampuan umatnya.

Yang sekarang lagi marahan sama suami, coba peluk suaminya. Karena suami kalian adalah teman hidup terbaik kalian saat ini. kalian engga bisa milih mau lahir di rahim siapa dan tinggal di keluarga yang mana, karena hal tersebut sudah Allah pilihkan. Tetapi pasangan adalah orang yang bisa kalian pilih, jadi cobalah harmonis dalam mengarungi biduk rumah tangga hihihi.

Tuliisan ini peringatan buat gue juga :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar