Aku dan separuh agamaku

Aku dan separuh agamaku

Minggu, 21 Mei 2017

Saling Melengkapi (Mrs. Trouble Maker Vs Mr. Sakin ol :D)

Holla, akhirnya kembali lagi bersama Mrs. Kursun alias Mrs Trouble Makerdan kisahnya bersama Mr. Sakin Ol2 :D

Setelah kemarin suami yang isi blog, sekarang saatnya si istri yang meramaikan blog. Sebenarnya isi blog kali ini atas permintaan suami, sebagai wujud permintaan maaf dan penerimaan bahwa “Woman IS NOT always right”3. Hehehe, kok bisa? Karena saya orangnya sedikit gamau kalah (dalam hal benar dan salah :p, disebabkan kampanye di media sosial juga yang bilang “woman always right”4 :p).

Dalam rumah tangga kami, bisa diakui bahwa suami saya adalah orang yang paling bisa mengalah dalam segala hal. Paling bisa “yaudahlah” dalam berbagai kasus pertengkaran rumah tangga (heheheh :p). saya yang agak keras kepala terkadang “gengsi” mengakui kalau saya salah. Suami yang orangnya gamau berlarut-larut jadi yang lebih sering mencairkan suasana dan mengaku salah (walaupun sebenarnya gak selamanya semua salah dia hihihi).  Sebenarnya suami saya orangnya juga agak keras kepala (bagaimanapun gen karadeniz dari suku Laz6-nya suami tak akan pernah bisa menipu :p), tapi tak sekeras kepala istrinya hihihi (maklum, anak pertama biasanya lebih keras kepala *alesan*).

Jadi saya mau ngomongin apa sih sebenarnya? Hehehe.. penasaran ya? Yuks simak coretan alay-alay luar biasa dari saya mengenai saling melengkapi dalam rumah tangga.
*** 

Didalam keluarga kecil kami, saya dicap sebagai “trouble maker” oleh suami. Julukan ini datang dari kebiasaan saya yang sering menciptakan masalah disaat-saat genting ketika dalam perjalanan. Saya lupa tepatnya masalah apa yang saya ciptakan pertama kalinya :D, mungkin bisa dibilang tragedi perjalanan menjari jejak seytan koprusu di Sille, Konya menjadi masalah pertama yang saya buat.

Alkisah, waktu itu kami sedang dalam perjalanan di kota para Sufi, Konya. Saya selalu ingin melihat banyak tempat di kota yang kami datangi. Dan waktu itu saya pengen banget liat seytan koprusu  gara-gara postingan salah satu mahasiswa Konya di Instagram. Dalam hati saya bilang, pokoknya saya harus foto kece disana! Hihihihi. Yang dikorbankan tentu saja suami :D

Kami coba cari tempat itu di google maps, tetapi ternyata tempat tersebut engga kedetek sama google maps. Akhirnya kami tanya sama petugas di sekitar gereja Aya Eleni. Mereka tahu, dan menunjukan jalan pada kami. Kami faham, kata mas-mas tersebut, tempatnya keliatan ada di sebelah kiri. Pokoknya deket. Kami pede cari tempat tersebut, padahal suami lagi capek-capeknya. Tapi demi sang istri yang penasan, akhirnya nurut juga. Kami terus jalan sambil liat kanan kiri. Tapi gak nemu si seytan koprusu itu. Akhirnya kami terus mengemudi keatas, sampe keluar dari kawasan Sille. Kayaknya nyasar deh, udah curiga. Akhirnya inisiatif tanya sama anak-anak di pinggir jalan yang kami temui tidak sengaja. Dan ternyata si dia gak tau kalo ada seytan koprusu di kawasan tersebut. Akhirnya kami putar arah. Hari udah semakin sore, suami bilang kayaknya kita gabisa nemu deh. Akhirnya kami sampe di deket kawasan gereja Aya Eleni lagi, dan saya lihat si seytan koprusu tersebut!

Kami mencoba jalan kesana, tetapi salah jalan, ternyata untuk sampai kesana, kami harus turun bukit. Saya lihat ada jalan lain, dan sepertinya mobil bisa masuk.kami balik lagi dan ambil mobil kami, kemudian kesana dengan mobil.

Jalanan yang kami pakai sangat mepet sekali, disebelah kiri terdapat gundukan tanah keras yang menjulang tinggi dan disebelah kanan berbatasan dengan rumah penduduk. Kita yang gak nemu si jembatan setan tersebut, akhirnya mutusin balik arah. Pas coba belok dan mundur, ada suara BLETRAK! Ternyata bemper belakang mobil nyium gundukan tanah dan penyok :(. Saya cuma masang muka “awkward8, bingung harus ngapain, tapi suami masih tenang dan santai. Setelah kejadian itu akhirnya kita nemu seytan koprusu-nya sih, gak penasaran lagi :D. Tapi plus hadian bemper mobil penyok dulu karena saya :D.

Selanjutnya ketika kami hampir kesasar ke kota Samsun karena  permintaan saya untuk jalan-jalan malam ke suami. Bensin mepet, kebelet pipis, udah lewat tengah malem dan bersalju pula. Lagi-lagi saya masang muka “awkward” dan suami dengan muka “yaudahlah mau gimana” :D.

Pengalaman lain pas kami lagi liburan ke Singapura. Kami hampir ketinggalan bus ke Malaysia karena saya yang menghilang dari tempat janjian karena sibuk foto-foto sekitar Arab Street. Suami pasang muka “lo lagi, lo lagi yang bikin masalah” tapi dibarengi dengan muka “yaudahlah”  :D, dan saya seperti biasa memasang wajah “awkward”. Kami lari ngos-ngosan ngejar waktu, sampai di bus suami bilang “You try to kill me, this time you kill me. Yes you kill me this time”9 dengan wajah super duper merananya karena kelelahan.

Pengalaman lain datang pas kita liburan sambil nginep disalah satu hotel di Kota Pandeglang. Kain sprei di kamar kami kena lunturan kain songket saya yang basah :(. Panik banget karena kalau ketauan manajemen hotel bisa didenda satu juta (duit dari mana cobak T_T). Akhirnya suami saya inisiatif nyuci pake pemutih yang kita beli dari indomar*t. berkat bantuan suami, noda lunturan tersebut hilang (untung spreinya warna putih T_T).

Ya begitulah beberapa kisah si Mrs. Trouble Maker dengan Mr. Sakin ol. Saya yang selalu membuat beberapa masalah ketika dalam perjalanan berkolaborasi dengan suami yang tenang (walaupun kadang-kadang suka kesel juga si masnya hehehe). Tapi itulah rumah tangga, kami memang dua manusia yang tercipta dengan jutaan perbedaan, persamaan kami adalah suka jalan-jalan, nulis, baca buku dan makan :D. Terlepas dari itu kami adalah dua pribadi yang penuh dengan perbedaan.
Memang menikah dengan orang yang banyak persamaan dengan kita adalah hal yang mengasikan. Tetapi menikah dengan orang yang memiliki perbedaan dengan kita jauh lebih mengasyikan. Kita berdua dituntut menemukan solusi dari perbedaan yang kita miliki, saling melengkapi. Bukan saling berdebat tak karuan.

Sebagai contoh saling melengkapinya adalah seperti dari kisah-kisah trouble maker yang saya ceritakan sebelumnya. Coba kalau kita berdua adalah orang yang gampang marah, mungkin ketika saya melakukan kesalahan, suami hanya bisa memarahi saya tak karuan tanpa mau mencari solusi atau menenangkan saya. Biasanya setelah melewati masa sulit, kami berdua tertawa hehehe. Ternyata betapa konyolnya hal-hal yang saya lakukan hehehe.

Saya adalah orang yang paling tidak bisa menyusun acara. Contoh sederhananya adalah ketika melakukan pertemuan dengan teman, saya merasa selalu bingung akan melakukan apa. Saya tidak bisa mengatur pertemuan, pukul berapa bertemu,  lalu kira-kira kegiatan apa saja yang harusnya kita lakukan ketika bertemu. saya lebih spontan ketika melakukan sesuatu. Sedangkan suami saya adalah orang yang sistematis. Apa yang dilakukan (kalau bisa) harus dibuat jadwalnya supaya tidak keteteran dan jelas mau ngapain.

Maka dari itu, saya memercayakan suami saya untuk melakukan “penjadwalan” dari hal-hal yang akan kita lakukan. Contohnya ketika kami melakukan perjalanan, semua jadwal kegiatan saya serahkan pada suami. Dimulai dari kemana saja kita akan pergi, alokasi dana, “maps” dan tektek bengek lain. Ketika dia yang mengatur, saya merasa sangat aman hehehe :D. karena jika saya yang mengatur, masalah akan selalu muncul :D.

Saya merupakan orang yang optimis dalam semua hal, sedangkan suami saya lebih pesimis. Saya selalu yakin bisa melakukan suatu hal dan selalu yakin jika suami saya bisa melakukannya juga. Suami saya lebih banyak menganggap saya tidak bisa dan dia juga tidak bisa. Apa lantas saya menghakimi suami saya dengan sifat pesimistiknya? Tentu tidak. Saya tetap menyuntikan optimisme dalam hal apapun pada suami, tanpa mengubahnya menjadi orang yang selalu optimis. Tetapi mengarahkan sikap pesimisnya kearah “hati-hati”. Jadi sifat pesimis suami saya sekaligus menjadi “penahan”nya ketika dia menjadi terlau optimis. Pun begitu yang dilakukan suami pada saya. Saya menjadi orang yang tidak terlalu optimis, kadarnya saya kurangi. Saya tambahkan dengan kadar “kemungkinan”, maka dari itu saya lebih hati-hati untuk menghindari sifat “jumawa” yang terkadang nebeng ke sikap optimis yang berlebihan.

Rumah tangga begitu seberwarna ini. Untuk kami yang usia pernikahannya seumur jagung saja sudah banyak warnanya :D, apalagi pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun tentu lebih banyak lagi. Rumah tangga itu selalu asyik diceritakan :D.

Oke honey! In the last i want to tell sorry for yesterday, and this time you are right (but of course someday i can take this place again :p), because woman is always right10 B-) *kemudian dia bilang “sombong  banget zzz” sambil masang muka “kumaha maneh bae”11

Sampe bertemu di tulisan lainnya :D


You Complete me!
Dokumentasi pribadi



Catatan kaki

  1. Pembuat masalah
  2. Santai, rileks
  3. Perempuan tidak selalu benar
  4. Perempuan selalu benar
  5. Laut hitam
  6. Salah satu suku yang ada di Turki
  7. Jembatan setan
  8. Kikuk, aneh, canggung
  9. Kamu mencoba membunuh saya, ya kamu membunuh saya kali ini. kamu membunuh saya kali ini
  10. Oke sayang, di akhir saya ingin bilang maaf untuk kemarin, dan kali ini kamu benar (tetapi suatu hari nanti saya akan mengambil tempat itu lagi, karena perempuan selalu benar)
  11. Bagaimana kamu saja

8 komentar:

  1. Nama instagramnya apa kak?

    BalasHapus
  2. Dea, ayo nulis lagi. Saya suka tulisan kamu yg apa adanya, jadi bacanya seru aja.

    BalasHapus
  3. Seru bacanya, terharu. Indah sekali. 😍😍

    BalasHapus
  4. Nulis lagi ya Kak Dea kalau ada waktu luang. :)

    BalasHapus
  5. Apa kabar Kak Dea? Kangen baca blognya. ❤

    BalasHapus
  6. Ngakak sumpah ceritanya seru sumpah aku jadi ketawa ketiwi sendiri🤣

    BalasHapus
  7. Ngakak sumpah ceritanya seru sumpah aku jadi ketawa ketiwi sendiri🤣

    BalasHapus