Selasa, 29 Mei 2018

Hai, Saya Kembali Gengs!


Hampir setahun engga update blog :D
Males baget rasanya mau update tuh, dulu janjinya kalau dibeliin laptop sama suami ya bakal sering ngeblog.. tapi nyatanya perkataan tersebut lebih dekat dengan dusta ahahahha

Jadi gini, saya bukan ngilang gengs, saya juga engga ada  masalah sama suami (kebanyakan kan kadang suka mikir kalo off semua-muanya itu tandanya lagi ada masalah sama suami). My life is sooooooo fine. Sekarang saya aktif di medsos lain kayak instagram dan youtube. Mau total nge-youtube gitu, jadi plis ya subcribe channel THE KURSUNS yak kalo belum pada subscribe wkwkwkwkw (lagi fakir subscriber yes hahah).

Di tumblr kita juga gak off-off amat kok, kita sempe update beberapa tulisan kita di tumblr.. Cuma sayang aja, karena lagi di banned sama pemerintah Indonesia ya jadi susah akses tumblrnya. Kayaknya mesti beli domain sendiri deh biar enak, jadi kalo ada kasus banned ginian  jadi gak  kena dampaknya. Oke yes, OTW nabung!

Owrait, kita enaknya ngomongin apa yak sekarang? Hmm, ngomongin politik Turki aja kali ya? :D kebetulan bulan depan Turki mau pemilu. Walaupun agak sensitif ngomongin politik di Turki, tapi kayaknya asik juga buat diulik. Tapi ya namanya opini yes, mau diterima atau engga ya terserah yang baca sih hihihihi. Asal engga sampe ngatain antek mamarika atau tapir aja setelah baca tulisan saya, kalau dirasa tulisan saya mojokin satu pihak misalnya hehehe.

Jadi gini, Turki lagi mau ngadain  pemilu bulan depan. Saya bilang ini pemilu prematur. kenapa? Karena harusnya pemilu itu diselenggarakan tahun depan. Tetapi presiden sah negara Turki meminta pemilu dipercepat ke bulan depan. Jadi kandidat lawan cuma dikasih waktu sekitar 2 bulan (terhitung saat diumumkan pemilu) buat kampanye. Hmm, kasian aja waktu kampanye singkat, digeber shaaaayyy hehehee.

Bicara soal politik orang Turki, rasanya agak-agak ngeri sedap. Yang saya rasakan yes, orang Turki itu holigan banget kalo udah ngomongin politik. Apalagi ditambah sama sifat keras luar biasa yang dibumbui kefanatikannya hehehe, perpaduan yang hummm perfecto!

Hal yang gak terlalu saya suka dari orang Turki adalah karena mereka sedikit setipe sama bangsa dari WKWKLAND, yaitu kurang baca referensi luar dan suka nelen hoax. Kadang males baca tuh karena buat mereka media luar itu media tapir yang isinya mau mojokin islam bla bla blah. Sumpah GR banget sih kadang, menurut saya sih malah kadang media luar itu yang paling jujur. Analisisnya juga berdasarkan fakta, saya pribadi bukan orang yang suka baca media lokal (baik Turki maupun Indonesia), karena kadang media lokal itu gak netral. Mereka menulis sesuai dengan pilihan politik dari kubu yang mereka dukung.

Yang paling gemes sih nyebar-nebar berita hoaxnya itu, orang Turki juga banyak loh yang agak sedikit engga pinter  karena demen nelen hoax. Kemarin buka facebook, langsung dihadapkan pada status teman Indonesia di Turki yang menyebarkan tulisan hoax, lucunya yang komen tuh banyak juga hahahaha. Sedih sih, padahal dia educated person juga tapi kurang pandai dalam milah berita. Tinggal di LN engga ngejamin dia open minded gengs hahaha. Asal dirasa nyudutin umat islam dikit ya langsung share, ditambah kata umpatan “Astagfirullah, umat islam harus bersatu. Kita sedang diadu domba”. Kenapa selalu ngerasa islam dipojokin ketika nemu tulisan dari orang “kafir” yang agak nyentil umat islam?  Padahal isi tulisannya juga objektif kok.

Saya pribadi bukan orang yang fanatik sama pemimpin negara. Walaupun  pemimpin negara Turki lagi jadi primadona dikalangan negara mayoritas muslim di dunia (termasuk Indonesia), saya engga tertarik mengagumi. Apalagi sampe jadi pendukung garis kerasnya, noooo! Buat saya gak penting banget sih fanatik sama manusia, dia juga engga sempurna. Pernah bikin salah, kita gaboleh nutup mata soal ini. Kadang orang yang fanatik itu kan gabisa liat kesalahan dia, jadi buat mereka ya sosok tersebut adalah sosok sempurna tanpa celah. Standar ganda kadang berlaku buat mereka.

Kalaupun ada sosok manusia yang saya kagumi kepemimpinannya, beliau adalah manusia terbaik sepanjang masa, yaitu Nabi Muhammad SWT.

Honestly, saya sendiri banyak denger kabar buruk dari negara suami mengenai kebebasan. Pasca kudeta tahun 2016 lalu, Turki masih belum beranjak dari status darurat militernya. Siapapun yang dirasa mendukung gerakan kudeta akan segera diproses. Beberapa dari mereka bahkan berakhir dengan nasib buruk. Mereka dipenjara, kehilangan pekerjaan dan terpaksa harus pergi dari Turki untuk cari suaka politik karena di negaranya sendiri mereka engga dapet rasa aman.

Orang-orang saling ngelaporin satu sama lain, tujuannya ya biar mereka “aman’, tapi ngorbanin keamanan orang lain. Sedihnya, sebagian masyarakat Turki masih tutup mata sama fakta ini. Mereka menganggap kalau orang-orang itu wajar dapet perlakuan seperti itu, padahal kenyataannya ya mereka gatau menau soal gerakan kudeta. Semoga Allah membantu orang-orang yang sedang didzalimi.

Ekonomi Turki juga sedang terjun bebas, nilai tukarnya ke rupiah kalah dengan nilai tukar ringgit. Buat yang gak kerja kayak suami saya (nerima gaji di Indonesia dalam kurs lira) ya mungkin ngerasanya baik-baik aja yes. Kita sih ngerasain banget anjloknya (untuk sementara waktu kita di Indonesia karena ada program yang harus kita lakukan hehehe). Ya gitu deh, Turki dalam masa menuju kolaps. Sayangnya sebagian orang masih denial sama hal-hal demikian, buat mereka ya Turki masih baik-baik aja. Ekonomi Turki masih kuat (ini masih aja nemu orang yang nyebar hoax ini wkwkwk).

Ada beberapa calon presiden yang nyalonin diri bulan Juni mendatang. Salah satu calon terkuatnya adalah seorang perempuan. Semakin panas dari hari kehari. Yowis, siapapun yang jadi presiden Turki beberapa tahun mendatang ya semoga amanah yes. Semomga dia bisa memberikan rasa aman bagi warganya. Saya sih ngarep yang terbaik aja buat Turki.

Edunlah sekalinya update, langsung ngomongin tema yang berat wkwkwkkwkwk. Semoga isi tulisan ini bermanfaat bagi pembaca ya, dan semoga kalian semua semakin open minded dan engga jadi barisan jemaah hoax. Peace, love and gahol!

foto diambil di Duzce tahun 2015 lalu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar