Jumat, 15 November 2019

JANGAN NIKAH SAMA ORANG TURKI..KALAU.. (BAGIAN 1)



Inhale, exhale...
Akhirnya bisa kembali ke dunia literasi setelah sekian lama tidak aktif. Rindu? Ow sudah pasti, Cuma ya sayangnya saya terlalu sibuk dengan kehidupan dunia lain (astagfirullah ukhti, main ke dunia mana??). Bukan, bukan dunia jin..tapi dunia kemalasan (mueheheheh :p). bercanda ketang, eh tapi ada sih malesnya. Sebenarnya (yang lain) saya sedang fokus ke dunia vlog dan hobi (melukis cat air), jadi kegiatan menulis saya ’’agak dikesampingkan’’. Saya tidak benar-benar vacum menulis sebenarnya, belakangan ini saya lebih aktif menuliskan segala bentuk uneg-uneg dan inspirasi saya di instagram. Saya sering membuka diskusi terbuka perihal pernikahan campur, berasa psikolog pernikahan :D

Dunia pernikahan Indonesia-Turki memang lagi rame dan jadi trend akhir-akhir ini. Keinginan saya untuk menjadi pasangan kawin campur yang ’’Ekslusif dan unik“  pupus sudah wkwkkwk (lah siape gue malihhhh). Kalau dulu, pasangan campur Indonesia-Turki  masih kebilang jarang (ya walaupun sebenernya udah lumayan banyak). Cuma ya rata-rata orang Indonesia banyaknya nikah sama WN Arab, US atau Eropa gitu, kalau sama orang Turki kebilangnya masih jarang.

Fenomena ini gak jauh karena pesatnya perkembangan teknologi dan ramainya variasi sosial media. Ow, salah satunya youtube. Zaman dimana apapun bisa direkam, masuk youtube dan jadi uang (aku cinta uang wkwkwk). Nah, mulai banyak juga nih pasangan campur Indonesia Turki  yang berlomba-lomba membuat konten youtube (baik yang sudah menikah maupun yang masih pacaran). Yaa sebenernya sah-sah aja sih, Cuma kadang mereka kurang bisa ngerem apa yang pantas dibagikan dan apa yang tidak. Duh, mungkin saya aja yang pikirannya terlalu kolot kali ya. Apa yang saya rasa engga pantas ya bisa jadi pantas untuk orang lain. Karena ya balik lagi, standar tiap orang berbeda. 
Hal yang mereka gak sadari, ada sebuah ’’anomali’’ yang mereka ciptakan dari kegiatan vlogging tersebut. Semakin banyak orang Indonesia yang akhirnya punya keinginan bersuamikan orang Turki, mereka ikut ’’memburu’’ lelaki Turki dihampir semua aplikasi dating dan sosial media. Menikah dengan lelaki Turki menjadi goal bagi sebagian perempuan Indonesia. Penggambaran lelaki Turki yang nyaris sempurna nyatanya membuat mereka gelap mata. Saya harus menikah dengan lelaki Turki, bagaimanapun caranya.  

Sebenarnya, saya dan suami ya seneng-seneng aja sih kalau akhirnya banyak perempuan Indonesia yang menikah dengan orang Turki. Jadi nanti akan banyak teman seperjuangan di tanah rantau. Tapi disisi lain saya juga dengar banyak kasus gak ngenakin dari pernikahan campur Indonesia-Turki. Gak ngerti deh, saya kayak berasa prikolog pernikahan. Beberapa teman saya percaya membagikan kisah pernikahan ‘kurang’ beruntung mereka untuk saya bagikan ke teman-teman sekalian. Bahwa, pernikahan yang gagal itu ada. Terhitung ada lebih dari 5 teman seperjuangan saya yang akhirnya berkasus dengan suaminya :”) Life :”) Nasip :”)

Disini, saya Cuma mau ngebagiin opini pribadi tentang menikah dengan orang Turki. Judulnya serem sih, saya ngambil judul “JANGAN NIKAH SAMA ORANG TURKI” biar kalian baca gitu. Karena kan jadi kepo, ‘loh, ada apa emang sama orang Turki?’ begindang. Bikin kepo aja dulu, kalau udah kepo kann akhirnya ada usaha pengen nyari tau. Nah, sebenernya tulisan ini juga hasil adaptasi konten opini youtube kita. Sengaja dibikin 2 bagian biar samaan kayak youtube kita muehehehe.

Kita Cuma negesin aja, kalau ini murni pendapat sendiri dan beberapa teman seperjuangan yang mengamini apa yang saya rasakan tentang fenomena ‘‘ngebetnya cewek Indonesia bersuamikan cowok Turki“. Kalau misalnya ada yang mau nambahin, bisa komentar dibawah yak.  Wadaw, intronya panjang bener..efek lama kagak nulis ya beginilah, terlalu banyak kata yang ingin diungkapkan keluar :D

Bahique, kita mulai aja ya (lah dari tadi kagak mulai-mulai -_-). Ges, kita mau ngasih tau kalian buat gak nikah sama orang Turki kalau kalian punya alasan-asalan ini...

  • JANGAN NIKAH SAMA ORANG TURKI, KALAU kalian Cuma mau ikut-ikutan orang lain. Misalnya, kalian liat vlogger-vlogger campuran Indo-Turki yang keliatannya bahagia banget gitu idupnya, terus kalian kepengen juga kayak mereka. Nikah itu bukan ‘coba-coba’ gesss. Kalau di agama islam, nikah itu ibadah paling panjang karena dilakukan seumur hidup. Kehidupan orang lain itu beda-beda, belum tentu ketika kalian nikah sama orang Turki, kehidupan kalian langsung plek sama kayak ‘orang-orang’. Saking kepengennya nikah sama orang Turki, jadi membabi buta nyarinya. Ya gak peduli juga backround si calon gimana, asalkan Turki dan ganteng. Yakali nikah Cuma ngandelin ganteng doang.

Hey Marimar, cari calon suami itu kudu teliti. Kalian jangan asal comot calon suami dari medsos. Jangan juga kebuai sama muka gantengnya. Pokoknya jangan gampang celamitan sama idup orang. Belum tentu kehidupan orang lain cocok buat kita. Begitulah intinya.. Lagian, gak semua orang Turki itu baik. Ya untung kalau kalian nemunya yang baik, kalau yang engga gimana ? terus terlanjur nikah, pas mau keluar dari toxic relationship kalian gabisa. Kalau udah gitu, yang rugi siapa ? kalian juga akhirnya. Panutan kalian bakal bantuin kalian gak kalau kalian ada di posisi itu ? boro-boro, iris kuping gajah kalau mereka bantuin kalian.

Janganlah terlalu terobsesi sama cowok Turki. Daripada begitu, mendingan kalian tingkatkan kualitas diri kalian. inshaAllah jodoh juga ngikutin kalian nantinya. Apa ya, ungkapan jodoh itu cerminan diri sih bener adanya. Jadi kalau mau dapat jodoh yang kualitas dirinya warbyaza, ya kalian juga warbyaza. Kalau kualitas dirinya kawe-kawe club, ya calonnya juga gak jauh dari kawe-kawe club jugak.

  • JANGAN NIKAH SAMA ORANG TURKI, KALAU kalian modal nekad doang. Contohnya, kalian mau aja diajak nikah sama cowok Turki yang baru kalian kenal itungan hari. Ebuset, langsung tiba-tiba yakin kalau itu jodoh kalian? Dalam hitungan hari loh. Ya sebenernya saya percaya aja sama cinta pada pandangan pertama, tapi gak gitu juga sih.  Ya boleh aja optimis kalau si cowok jadi jodoh kalian, tapi kalian kudu realistis juga. Mereka berdua kudu imbang, jangan kegedean optimisnya, takutnya kalian dikhianati rasa optimis kalian sendiri..sakit loh. Kzl.
  • JANGAN NIKAH SAMA ORANG TURKI, KALAU ekspektasi kalian tentang cowok Turki tinggi banget. Bukannya apa-apa, takutnya kalau gak sesuai ya kalian sendiri yang sakit. Jangan terlalu terbuai sama deskripsi super sempurna tentang cowok Turki yang kalian baca atau lihat. Sebagian deskripsi manisnya ya ada yang bener, tapi ada juga yang engga.
  • JANGAN NIKAH SAMA ORANG TURKI, KALAU kalian cuma mau naikin gengsi doang. Saya sedih loh. Jadi kemarin-kemarin sempet ada akun instagram serba-serbi Turki yang angkat soal kisah cinta Indo-Turki. Nah, mereka buat diskusi terbuka gitu soal ”kenapa cewek Indonesia tertarik sama cowok Turki?‘‘, nah ada loh satu orang yang bilang kalau nikah sama WNA itu kayak semacam naikin derajat diri gitu, gengsi jadi naik kalau punya suami WNA (termasuk WNA Turki). Sebagai perempuan Indonesia, kok rasanya kayak diinjek-injek aja inih hati saya. Seakan derajat diri perempuan Indonesia segitu rendahnya sampe harus nikah sama WNA buat naikinnya. Please ya cewek-cewek, kalau mau cari alasan nikah sama WNA coba dibikin rada elegan dikit gitu jawabannya.
  • JANGAN NIKAH SAMA ORANG TURKI, KALAU kalian Cuma pengen keluar dari Indonesia aja. Jadi kayak manfaatin si cowok Turki buat bawa kalian keluar dari Indonesia. Percayalah, kadang Indonesia bisa jauh lebih aman dan menyenangkan dibanding Turki. Jadi alasan nikah sama WNA Cuma kepengen dapet jalan keluar dari Indonesia rasanya masih kurang elegan sih..

Yaaa, begitulah gess. Ini masih ada terusannya yak. Cuma karena ngikutin vlog aja jadi dibikin 5 alasan dulu. Nanti lanjut yaa hahaha, udah rada stuck juga nulis yang ini. Kepengen nulis hal lain juga soalnya, niatnya dalam satu hari ini saya update dua tulisan. Mumpung masih seger, jadi kudu cepet-cepet dituangkan dalam tulisan. Nanti cuap-cuap kesimpulannya pas dibagian 2 aja ya ges, biar jos gandos hehehe. Takutnya eykeu terlalu banyak cuap sana dan cuap sini ni di blog :D
Selamat menimbang-nimbang..
İyi Günler!
Mrs. Kursun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar